TENTANG JALAN TIKUS

Image by Marishka Soekarna

Perubahan gagasan ruang kota, bersamaan dengan penemuan teknologi komunikasi baru yang mengubah pola mobilitas di kota. Instrumen komunikasi mengubah mobilitas fisik menjadi mobilitas virtual: berpindah tanpa bergerak. Selain itu, hal ini menciptakan komunitas-komunitas dan narasi baru dari warga di wilayah virtual, yang memiliki pola-pola hubungan antar masyarakat yang jauh berbeda dengan pola kehidupan nyata. Dalam kenyataannya virtual selalu terjadi praktik-praktik komunikasi yang berasal dari kenyataan sehari-hari. Mengadaptasi realitas fisik ke dalam realitas virtual. Program ini akan mengumpulkan, mengkaji dan mendistribusikan bentuk bentuk baru mobilitas masyarakat yang terjadi dalam realitas fisik dan virtual.

Pemetaan fungsi-fungsi kota, atau tata kota, bisa dilihat dari sudut pandang transaksi ekonomi dan narasi warga kota, misalnya bagaimana transaksi ekonomi informal yang mengubah dan turut menentukan pergerakan di sebuah kota. Lebih jauh lagi pemetaan ini dapat menjadi sebuah bahan referensi alternatif dalam mengelola dan mendesain ruang kota yang berelasi / terinspirasi langsung dari praktik warga di ruang kota.

Hal-hal di atas akan dibahas dalam program siaran radio di rurushopradio dengan narasumber yang berasal dari berbagai profesi, berbagai isu dan berbagai latar belakang. Selain dalam bentuk siaran radio, melalui website ini, Jalan Tikus juga mempresentasikan gambar, video, arsip suara dan tulisan tentang isu-isu yang di bahas dalam program ini, mulai dari pendidikan, kesehatan, tranportasi, nongkrong, agama/kepercayaan, sejarah, kuliner, ekonomi, teknologi, energi, kesenian dan isu-isu lain yang terus berkembang di ruang kota.

SUPPORTED BY

FF-logo-PFL_1